HTML5 Powered with CSS3 / Styling, and SemanticsLevel Double-A conformance, W3C WAI Web Content Accessibility Guidelines 2.0

Berita / Pengumuman Terkini

i

Di halaman ini merupakan berita, pengumuman, relaas serta kegiatan terbaru seputar Pengadilan Negeri Calang

Articles in Category: Kegiatan Terkini Pengadilan

SOSIALISASI MANAJEMEN RESIKO

on Kamis, 04 Oktober 2018. Posted in Kegiatan Terkini Pengadilan

Pada hari Kamis, tanggal 4 Oktober 2018 pukul 10.15 WIB, bertempat di ruang tamu terbuka Pengadilan Negeri Calang Kelas II dilaksanakan sosialisasi manajemen resiko yang dipimpin oleh Wakil Ketua Pengadilan Negeri Calang Kelas II Bapak Zulfadly S.H.,M.H. selaku Manager Representative untuk Tim Akreditasi pada Pengadilan Negeri Calang Kelas II. Sosialisasi dihadiri oleh Hakim, Pejabat Fungsional dan Struktural serta staf dan honorer Pengadilan Negeri Calang Kelas II.

Adapun yang menjadi materi dalam sosialisasi ini adalah penyampaian hal-hal apa saja yang berhubungan dengan manajemen resiko oleh setiap bagian Kepaniteraan (Pidana, Perdata, Hukum) dan Kesekretariatan (Sub Bagian Perencanaan, Teknologi Informasi dan Pelaporan, Sub Bagian Kepegawaian, Organisasi dan Tata Laksana dan Sub Bagian umum dan Keuangan).

Manajemen resiko merupakan suatu pendekatan terstruktur/metodologi dalam mengelola ketidakpastian yang berkaitan dengan ancaman; suatu rangkaian aktivitas manusia termasuk penilaian resiko, pengembangan strategi untuk mengelolanya dan mitigasi resiko dengan menggunakan pemberdayaan/pengelolaan sumber daya.

Selanjutnya Wakil Ketua Pengadilan Negeri Calang Kelas II memberikan kesempatan kepada seluruh peserta sosialisasi untuk memberikan pertanyaan, saran maupun tanggapan yang berhubungan dengan hal-hal yang telah disampaikan. Setelah pembahasan selesai, maka sosialisasi dinyatakan selesai dan ditutup oleh Wakil Ketua Pengadilan Negeri Calang Kelas II.

 

RAPAT PEMBINAAN BULAN OKTOBER TAHUN 2018 OLEH KETUA PENGADILAN NEGERI CALANG KELAS II

on Selasa, 02 Oktober 2018. Posted in Kegiatan Terkini Pengadilan

Pada hari Senin, tanggal 2 Oktober 2018 pukul 11.30 WIB bertempat di ruang tamu terbuka Pengadilan Negeri Calang Kelas II, dilaksanakan rapat pembinaan yang dipimpin oleh Ketua Pengadilan Negeri Calang Kelas II Bapak Muhammad Shobirin S.H.,M.Hum, rapat dihadiri oleh para Hakim, Cakim (Calon Hakim), Panitera, Sekretaris, para Panitera Muda, para Kepala Sub Bagian, pegawai dan Honorer Pengadilan Negeri Calang Kelas II.

Dalam rapat pembinaan ini Ketua Pengadilan Negeri Calang Kelas II menyampaikan kembali pembinaan dari Ketua, Wakil Ketua dan Para Ketua Kamar Mahkamah Agung Republik Indonesia yang disampaikan pada tgl 10 Sept 2018 malam, yang pada pokoknya yaitu :

A.     Mengingatkan kembali kepada Ketua Pengadilan di bawah lingkungan Mahkamah Agung RI  mengenai pentingnya pelaksanaan Maklumat Ketua Mahkamah Agung Nomor 1/Maklumat/KMA/IX/2017, PERMA 7 Tahun 2016, PERMA No. 8 Tahun 2016 dan PERMA No. 9 Tahun 2016 agar selalu diingatkan kepada Hakim, Pejabat Struktural dan Staf pada setiap rapat bulanan dan pembinaan yang dilaksanakan masing-masing pengadilan.

B.     Setiap pembinaan yang dilakukan oleh Pengadilan Tingkat Banding terhadap Pengadilan Negeri di bawahnya agar selalu dibuat notulen yang ditandatangani oleh pimpinan sidang dilengkapi dengan data dukung berupa daftar hadir dan foto peserta rapat.

C.   Ditemukan banyak jurusita pada Pengadilan Tingkat Pertama yang tidak menjalankan Relaas Panggilan berdasarkan dengan ketentuan yang berlaku sehingga menyebabkan panggilan tidak sah secara hukum.

D.   Masih ditemukan majelis hakim yang kurang memahami isi dari PERMA 7 Tahun 2017 tentang Pedoman Mengadili Perkara Perempuan Berhadapan dengan Hukum sehingga ada pertanyaan dari majelis hakim yang semestinya tidak boleh ditanyakan pada saat persidangan.

E.     Diminta kepada Ketua Pengadilan apabila ada surat panggilan dari Komisi Yudisial yang tidak jelas seperti tidak menyebutkan pokok permasalahan dan menyangkut hal teknis mengenai putusan perkara, agar jangan dihadiri panggilan tersebut.

F.      Mengenai Peninjauan Kembali (PK) yang diajukan oleh terdakwa, apabila terdakwa ditahan maka terdakwa dapat mengajukan PK melalui Penasehat Hukum (PH) yang disampaikan kepada PN dengan diberikan tambahan catatan bahwa terdakwa berada dalam LP. Apabila terdakwa tidak ditahan, maka terdakwa itu sendiri yang wajib mengajukan PK kepada PN.

G.   Kebanyakan hakim yang ditangkap karena selingkuh dan menerima gratifikasi sehingga diberikan hukuman disiplin dan bahkan ada hakim yang diberhentikan secara tidak hormat karena terbukti selingkuh.

H.    Jumlah hakim yang terkena OTT oleh KPK sekitar 20 hakim dari jumlah hakim di bawah lingkungan Mahkamah Agung RI dari sekitar 7000 hakim sehingga hanya sedikit jika dibandingkan dengan OTT KPK terhadap Kepala Daerah ada 300 orang, Anggota DPRD ada 3000 orang, Anggota DPR RI ada 74 orang.

I.    Masih ditemukan di beberapa pengadilan, kurang harmonisnya hubungan Panitera dan Sekretaris karena dengan adanya PERMA 7 Tahun 2015, kewenangan Panitera sebagai Kuasa Pengguna Anggaran menjadi tugas dari Sekretaris dan Panitera diminta lebih fokus kepada hal yang bersifat teknis sehingga memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat pencari keadilan.

J.      Diminta kepada Ketua Pengadilan untuk lebih menertibkan izin kepada hakim yang tidak masuk kantor, apabila izin dengan alasan yang tidak penting maka jangan diberikan izinnya tersebut.

K.      Banyak MA menerima berkas kasasi yg tahanannya sdh hbs atau tinggal satu dua hari saja, untuk itu supaya PN dan PT benar-benar memutus dgn memperhatikan tenggang waktu yg cukup agar ketika dikirim ke MA masih ada sisa tahanan yg cukup.

  ·         Pembinaan dari Dirjen BADILUM Mahkamah Agung RI yaitu yang berkaitan dengan adanya Operasi Tangkap Tangan (OTT) oleh Komisi Pemberantasan Korupsi di PN. Medan, Bapak Dirjen mengeluarkan Surat Edaran No. 10 Tahun 2018 Tentang Penegakan Integritas Seluruh Jajaran Pengadilan Di Lingkungan Peradilan Umum yang isinya diperintahkan kembali agar setiap Ketua Pengadilan melakukan pembinaan terkait masalah penegakan integritas bagi seluruh jajaran Pengadilan di seluruh wilayahnya masing-masing dan seluruh Ketua Pengadilan Tinggi selain melakukan pembinaan juga wajib memerintahkan serta mengingatkan seluruh Ketua Pengadilan di bawahnya untuk melakukan pembinaan dan penegakan integritas di internalnya masing-masing.

Selanjutnya Ketua Pengadilan Negeri Calang Kelas II memberikan kesempatan kepada seluruh peserta rapat untuk memberikan pertanyaan, saran maupun tanggapan yang berhubungan dengan hal-hal yang telah disampaikan. Setelah pembahasan selesai, maka rapat  dinyatakan selesai dan ditutup oleh Ketua Pengadilan Negeri Calang Kelas II.