HTML5 Powered with CSS3 / Styling, and SemanticsLevel Double-A conformance, W3C WAI Web Content Accessibility Guidelines 2.0

Berita / Pengumuman Terkini

i

Di halaman ini merupakan berita, pengumuman, relaas serta kegiatan terbaru seputar Pengadilan Negeri Calang

Articles in Category: Kegiatan Terkini Pengadilan

UPACARA HARI KESAKTIAN PANCASILA 1 OKTOBER PADA PENGADILAN NEGERI CALANG KELAS II

on Senin, 02 Oktober 2017. Posted in Kegiatan Terkini Pengadilan

Senin, 2 Oktober 2017 Pengadilan Negeri Calang Kelas II Memperingati Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2017 dengan Tema: "Kerja Bersama Berlandaskan Pancasila Mewujudkan Masyarakat Adil dan Makmur" dilaksanakan di halaman kantor Pengadilan Negeri Calang Kelas II. Selanjutnya yang bertindak sebagai Pembina upacara Ketua Pengadilan Negeri Calang (Muhammad Shobirin, SH.M.Hum) dan pemimpin upacara Staf Hukum (fahrul Anjar), dalam upacara tersebut juga di bacakan Ikrar Hari Kesaktian Pancasila oleh Staf Perdata (Indra Jaya Kusuma, SH), dan pembacaan UUD 1945 oleh Staf Hukum (Syarifah Alfiani) serta pembacaan doa oleh Staf Perdata( Mahyiddin Daud), Upacara dihadiri oleh seluruh Hakim, Pegawai dan Honorer Pengadilan Negeri Calang Kelas II. Berdasarkan surat Sekretaris Mahkamah Agung Tanggal 27 September 2017, Nomor : 882/SEK/HM.01.2/09/2017, Perihal : Penyelenggaraan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2017 sebagai tindak lanjut dari surat Menteri Sekretaris Negara RI Nomor : B-908/M.Sesneg/Set/TU.00.04/09/2017, tanggal 25 September 2017 dengan perihal yang sama.

SIMULASI PENANGGULANGAN HURU HARA DI PENGADILAN NEGERI CALANG KELAS II

on Selasa, 12 September 2017. Posted in Kegiatan Terkini Pengadilan

Calang, (Selasa/12 September 2017), dilaksanakan simulasi penanganan huru hara di Pengadilan Negeri Calang Kelas II.

SIMULASI dengan suasana yang mencekam sengaja diciptakan aparat Polres Aceh Jaya dan jajarannya. Massa yang menghendaki agar tahanan itu dibebaskan melakukan aksi anarkis di depan PN Calang Kelas II. Sementara, aparat kepolisian dan kejaksaan dari Kejari Aceh Jaya tampak sigap mengamankan tahanan yang menjadi objek sasaran massa saat hendak disidang majelis hakim. Layaknya peristiwa sungguhan, atraksi ini memang cukup menegangkan. Sebab, para polisi yang menangani massa yang mengamuk, juga merambat ke ruang sidang di PN Calang Kelas II.

“Simulasi pengamanan ini dimaksudkan jika kemungkinan terjadi rusuh di persidangan. Kami memang tak menginginkan hal itu benar-benar terjadi,” kata Ketua PN Calang Kelas II (Muhammad Shobirin S.H.,M.H).

Skenario yang dimainkan oleh Polres Aceh Jaya cukup apik, karena ketika situasi sudah tak kondusif, pihak pengadilan bisa langsung meminta bantuan kepolisian untuk mengamankan tempat. “Ya, kerusuhan di pengadilan bisa terjadi karena dipicu adanya ketidakpuasan keluarga terdakwa maupun keluarga korban terkait putusan pengadilan atas terdakwa. Mereka akhirnya melampiaskannya dengan mengamuk dan marah.

Yang dikhawatirkan itu adalah ketika massa dalam jumlah besar, sehingga bisa mengakibatkan adanya tindakan anarkis.

Adanya simulasi itu menjadi salah satu  syarat agar PN Calang Kelas II bisa terakreditasi. “Saat ini, PN Calang Kelas II masih non akreditasi. Jika setujui, nantinya akan berubah menjadi terakreditasi.